Sunday 3 February 2013

Service Excellence

Saya baru saja mendapatkan materi ini dari sebuah briefing siang ini di Graha ECC UGM.

Outline dari Service excellence adalah sebagai berikut:

1. Attitude, atau tingkah laku kita

2. Passion

3. Enthusianism –antusiasme kita

4. Willingness to make difference, kemauan menjadi berbeda dari yang lain

5. Willingness to learn, kemauan untuk belajar

Tingkat pelayanan juga harus terus ditingkatkan, dari Poor, buruk –Standard, biasa saja –Expected, sesuai apa yang diharapkan oleh klien –dan kemudian Surprised.

Parameter excellence dapat dilihat dari produk yang dihasilkan, delivery system nya, service mindset –menarik konsumen dari pola pikir pelayanan yang baik, dan juga relationship.

Kunci dalam menyajikan Service Excellence adalah sebagai berikut:

1. Memahami konsumen

2. Menjadi pendengar yang baik

3. Mengidentifikasikan kebutuhan

4. Membuat konsumen merasa penting dan dihargai

5. Memberi lebih dari apa yang diminta

6. Mendapatkan umpan balik/feedback

Etos kerja Profesional


1. Kerja adalah rahmat

2. Kerja adalah amanah, lebih bertindak manusiawi ketimbang jadi mesin

3. Kerja adalah panggilan, sehingga kita cenderung melaksanakannya dengan tuntas dan penuh integritas

4. Kerja adalah aktualisasi diri

5. Kerja adalah ibadah

6. Kerja adalah seni, sehingga kita melaksanakannya dengan penuh kreativitas

7. Kerja adalah kehormatan

8. Kerja adalah pelayanan

Dengan menyajikan sebuah service excellence dan didukung pandangan etos kerja professional, justru kita yang akan dicari untuk sebuah pekerjaan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :) 



No comments:

Post a Comment