Friday 14 September 2018

Mengunci Ingatan

Hari ini entah sudah berapa kali aku mendengar Mengunci Ingatan-nya Barasuara. Bermula dari pagi yang lesu, menggiringku membuka youtube untuk mencari secercah keriangan untuk memulai hari. Masih di atas tempat tidur, aku membuka home aplikasi youtube dan langsung menemukan cover version nya Mengunci Ingatan yang dibawakan oleh Kunto Aji. Tertarik untuk memutar, dan setelah itu justru ingin mendengarkan versi aslinya. Beranjak duduk di depan meja belajar, aku memutar lagu itu berulang kali sembari menyerap dalam-dalam.

Sembuhkan lukamu yang membiru
Serpihan hatimu yang berdebu

Lagu ini sesuai sekali dengan apa yang kurasakan saat ini. Begitu dalam, namun dinyanyikan dengan tanpa membuatku meneteskan air mata. Memang lebih baik begitu.

Pagimu yang terluka
Malammu yang menyiksa
Hal yang ingin kau lupa
Justru semakin nyata

Ah, untuk apa kita mengingat hal-hal yang tak pantas diingat? Oke, mungkin bukan tak pantas diingat tapi lebih kepada tak perlu diingat-ingat lagi. Untuk apa aku masih mengingat hal-hal mendetail, semacam ingatan yang menyergap ketika tak sengaja melintasi suatu tempat. Kita pernah makan di tempat itu pada suatu siang di hari Jumat, bahkan aku juga ingat baju apa yang kukenakan saat itu. Buat apa? Bukan mauku, tapi teringat begitu saja. Lalu harus apa?

Sampah memori. Andai membersihkan pikiran semudah menghapus file cache dari memori handphone.

Lalu sesiangan ini aku mengerjakan powerpoint ditemani playlist yang lagi-lagi masih Barasuara, dan berlanjut dengan lagu-lagu sejenis. Diantaranya adalah Kisah dari Selatan Jakarta-nya White Shoes and The Couples Company, Berdistraksi-nya Danilla, dan Waktu Yang Salah yang dibawakan Fiersa Besari ft Tantri. Ketiga lagu tersebut merupakan lagu yang cocok untuk berdansa dansi berdua saja dalam kemelankolisan yang amat dalam. Romantis dan menenangkan. Atau minimal kalau belum ada yang bisa diajak berdansa dansi, lagu-lagu tsb bisa didengarkan sendirian saja di dalam kamar dengan menggunakan headset/earphone. Niscaya akan tercipta suatu rasa tersendiri.

Jam satu siang aku keluar dari kantor, memenuhi janji dengan pihak pemberi pekerjaan yang lain. Lalu kembali lagi ke kantor jam 4 sore. Iseng membuka IG story, ada seorang teman yang sharing tentang cover lagu Mengunci Ingatan oleh Kunto Aji. Video yang kutonton tadi pagi begitu bangun tidur.

Sembari menunggu proses print handout powerpoint untuk presentasi esok pagi, aku lagi-lagi membuka youtube. Kali ini memutuskan menonton shortmovie Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode. Lagu ini lagi. Rupanya lagu ini pun menjadi ost film ini. Maka di sinilah aku, mendekati pukul 8 malam teronggok di lantai pojok CITS lagi-lagi mendengarkan Mengunci Ingatan di akhir short movie tersebut, sebagai ost.

Mengunci ingatanmu
Menahan masa lalu
Memori yang membisu
Harapan yang berdebu
Sembuhkan lukamu
Serpihan hatimu

Ah, aku sudah overdosis..


***
Btw shortmovie nya bagus, walaupun sebenernya itu iklan mobil sih tapi ku tetap enjoy-enjoy aja menonton. Suka aja, selain karena memang pemerannya adalah mbak-mbak cantik idolakuh, wkwk.

No comments:

Post a Comment