Monday 28 January 2013

Still Bandung

Kawah Putih, termasuk salah satu tempat wisata alam paling menarik yang pernah saya kunjungi. Entah, kenapa dinamakan kawah putih padahal menurut saya airnya lebih berwarna hijau ketimbang putih. Kawah putih teletak di Bandung selatan, sudah bukan termasuk Bandung kota sih, tepatnya di Ciwidey. Biaya masuknya perorangnya 15.000 rupiah dan karena kami menggunakan mobil pribadi dikenakan 150.000 rupiah untuk masuk kawasan wisatanya. Gate ticketing nya masih berjarak sekitar 5km dari kawah. Namun apabila tidak menggunakan mobil, tersedia ontang anting –sejenis mobil trans untuk menuju lokasi kawah putih. Saya lupa harga yang dikenakan apabila memilih opsi ini.

Track menuju kawah

Salah satu tracking yang lain

Setelah sampai di lokasi wisata, jangan lupa untuk menyiapkan masker karena konsentrasi belerang cukup menyesakkan saat turun ke kawah. Untuk turun langsung ke kawah, dapat melalui jalur track yang bertangga-tangga yang berderet rapi. Dan ternyata pemandangan yang tersajikan di bawah memang sangat eksotis. Di antara punggungan dan cantigi-cantigi terdapat genangan berwarna kehijauan dengan kerikil dan bebatuan di sekitarnya. Sayang, kita tidak bisa berlama-lama di tempat ini karena bau belerang yang menyengat dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. 





Keindahan Kawah Putih

Selanjutnya kami menuju Situ Patengan yang letaknya masih berdekatan dengan Kawah Putih. Sayang saat kami berkunjung hujan deras sehingga kami memutuskan untuk tidak berlama-lama di tempat ini. Situ Patengan merupakan obyek wisata berupa danau yang legendanya merupakan tempat pertemuan antara Ki Santang dengan Dewi Rengganis, putra prabu dan putri titisan dewi yang terpisah sekian lama dan akhirnya dipertemukan di Batu Cinta. Sayangnya saat itu kami tidak sempat untuk berlayar ke Batu Cinta dengan menggunakan perahu atau sepeda air yang disewakan perjamnya 30.000 rupiah. Tiket masuk Situ Patengan sendiri hanya 6000 rupiah.

Situ Patengan

Persewaan Sepeda Air untuk ke Batu Cinta



No comments:

Post a Comment