Monday 13 August 2012

Swadaya VI #2

Transportasi

Perjalanan bermula dari kota Yogyakarta, rencananya kami akan menggunakan jasa transportasi kereta api namun karena kehabisan tiket akhirnya mau tak mau kami harus naik bus. Dari terminal giwangan, kami menunggu bus AKAS yang akan mengantarkan kami sampai banyuwangi. Akhirnya bus AKAS yang kami tunggu datang juga, namun setelah kami duduk nyaman di dalam, kami terpaksa diminta turun kembali dengan alasan barang yang kami bawa terlalu banyak. Hmmm, kami diusir gara2 carrier. Padahal sebelumnya salah satu teman kami telah membooking tempat duduk pada agen bus AKAS tsb.
Akhirnya kami naik bus Mila, namun ditengah jalan tepatnya jember, kondektur mengoper kami ke sebuah bus lainnya yang rencananya langsung membawa kami ke terminal ubung. Dan ternyata ada perda baru bahwa bus tidak diperbolehkan mencapai terminal ubung, semua penumpang harus turun di terminal baru yang letaknya cukup jauh dari ubung. Kami sempat sedikit ngotot-ngototan dengan pihak bus tsb dan pada akhirnya tetap kami yang kalah. Bukan apa-apa, masalahnya budget yang kami siapkan sangat terbatas dan memang sudah di jatah sekian itu untuk sampai ke Ubung.
Akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat dan mandi mandi di terminal baru tsb. Kemudian mulai menyusun plan B, yaitu menyewa sebuah angkot untuk mencapai pelabuhan Padang Bai.
Keesokan harinya tepatnya sekitar pukul 03.00pagi kami sudah berlabuh di pelabuhan lembar, Lombok barat. Dengan menyarter angkot, kami berangkat ke FE UNRAM. Well yeah, kami berencana menginap di sana selama transit di pulau ini.
Berikut, saya cantumkan rincian biaya perjalanannya. Selamat melakukan perjalanan, semoga dapat membantu :)

Transportasi Berangkat

Bus
Terminal Baru-Pelabuhan Padang Bai
+ 1, 5 jam
Rp 450 000 (untuk 12 orang)
Nyewa mobil L300

Estimasi Waktu Perjalanan
Biaya
Keterangan
Calabai-Mataram (Terminal Mandalika, Bertais)
+ 18 jam
+ 3 jam
Rp 60 000
Bus Safari Dharma Raya *bertemu relasi
Pelabuhan Gilimanuk-Pelabuhan Ketapang (Menyeberangi daratan pulau Bali)