Monday 13 August 2012

Swadaya VI #1

Ekspedisi Gunung Tambora dan Sosialisasi Biogas Sederhana di Dusun Jongkat 

Kegiatan apakah ini?

Dalam organisasi SatuBumi, untuk menjadi seorang Anggota Penuh, calon anggota harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu. Diksar, Dikjut sesuai dengan divisi yang dipilih, dan terakhir Swadaya. 

Swadaya, seperti namanya, swa yang berarti atas usaha sendiri, angkatan kami juga harus memikirkan segala konsep, tempat tujuan, biaya, dan hal teknis lainnya, semuanya dilakukan sendiri. Konsep tersebut diajukan ke pengurus inti dan kemudian proposalnya diteruskan kepada dekanat untuk pencairan dana. Swadaya memiliki syarat, yaitu menemukan/menghasilkan sesuatu yang baru, atau mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dijamah oleh senior kami. Swadaya terdiri atas 2 kegiatan, yaitu menemukan sesuatu yang baru di bidang kemapalaan dan melakukan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat.



Tim Swadaya VI

Nah, targetan yang ingin kami capai dalam ekspedisi ini adalah membuat peta pendakian lintas gunung Tambora, yaitu naik dari jalur Doropeti dan turun melalui jalur Pancasila.

Berikut Peta yang berhasil kami buat.



Sedangkan untuk kegiatan sosmasnya kami lakukan di desa Jongkat, yaitu sosialisasi biogas sederhana mengingat di sini banyak sapi yang kotorannya belum termanfaatkan dengan maksimal.

Beginilah skema sederhananya (menyusul)


Dengan ini, kamipun resmi dilantik menjadi Anggota Penuh SatuBumi.





Yeaah, Bumi 12.155 :) 


No comments:

Post a Comment