Monday 13 August 2012

Pulau Moyo dan Pulau Satonda


Kami sempat menengok sebentar Pulau Moyo dan mengunjungi Pulau Satonda. Silahkan buka peta bagi yang ingin tahu dimana pulau-pulau kecil ini berada.hehe. Pulau Moyo berjarak sekitar 30menit, atau mungkin satu jam (maaf saya lupa) naik perahu sampan. Pak Kadus sempat bercerita bahwa di Pulau Moyo terdapat resort terbesar ke-sekian di Indonesia yang biaya hotel permalamnya sudah tentu sangat mahal. Maaf saya lupa tepatnya terbesar ke berapa, intinya termasuk yang terbesar di Indonesia.hehe. Sebelum Pangeran Hary menikah dengan Kate Middleton, keluarga besar kerajaan Inggris itu dikabarkan sempat melakukan liburan rahasia di pulau ini.
Pulau Moyo
Sedangkan Pulau Satonda berjarak sekitar 1 jam naik perahu sampan. Biaya masuk pulau yang masih dalam pengembangan untuk pariwisata ini juga tergolong masih sangat murah dibandingkan dengan keindahan pantainya yang undescribeabel. Di pantai ini, kami bisa snorkeling dan melihat keindahan terumbu karang yang begitu dekat dengan permukaan air laut. Untuk wisatawan lokal hanya dikenai biaya 3000 rupiah, dan untuk wisatawan manca negara hanya dikenai sekian ribu. Saya lupa, yang jelas termasuk sangat murah.Di pulau ini terdapat danau besar yang tak diketahui kedalamannya. Sayangnya di pulau ini tidak ada sumber air tawar, air tawar yang ada di sini di bawa dari pulau Sumbawa menggunakan kapal.


Satonda Island Resorts

Danau di Satonda





Keindahan Pantai Satonda

Yang unik dari pulau ini, terdapat kepercayaan untuk menggantungkan batu di sebuah pohon di pinggir danau yang telah saya ceritakan di atas. Dipercaya bahwa apabila kita menggantungkan batu di pohon tersebut, maka keinginan kita akan terwujud. Akan tetapi, apabila keinginan kita telah terwujud, kita harus kembali untuk sekadar mampir di pulau ini. Karena saya bukan termasuk orang yang percaya hal-hal seperti itu, maka saya hanya tersenyum melihat banyaknya batu yang di ikatkan di setiap ranting dan dahan pohon tersebut. Hmm.


Tradisi menggantung batu

Saya mungkin merasa harus kembali ke pulau ini tapi bukan karena terikat itu, tapi karena terpikat oleh keindahan pantai yang begitu menawan. Pantai terindahyang pernah saya lihat dan kunjungi  secara langsung. Subhanallah. 


And yeaaah, that's me :)




No comments:

Post a Comment