Monday 21 January 2013

Kafein= Baik atau Buruk ?


Judul Buku                 : The Miracle of Caffeine, Manfaat Tak Terduga Kafein Berdasr     Penelitian Paling Mutakhir

Penulis                       : Bennett Alan Weinberg dan Bonnie K. Bealer
Penerbit                    : Qanita PT Mizan Pustaka
Cetakan                     : Pertama, 2010
Jumlah Halaman         : 314 halaman












Sebuah opini telah terlanjur beredar di masyarakat kita: bahwa kafein tak sehat untuk dikonsumsi. Melalui buku ini, penulis berusaha meyakinkan pembaca dengan sejumlah data penelitian akurat, bahwa kafein menyebabkan berbagai gangguan penyakit –seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kanker, tidaklah sepenuhnya benar. Dengan penggunaan yang bijaksana, kafein justru dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Buku ini disajikan dengan sistematis, yang bermula dari perkenalan tentang kafein, ulasan singkat mengenai mitos yang beredar di tengah masyarakat serta fakta-fakta yang berhubungan dengan kafein, kemudian baru membahas manfaat tak terduga dari sebuah senyawa bernama kafein. Buku ini sangat bermanfaat bagi para maniak kopi yang merasa cemas dengan jumlah takaran kafein yang mereka konsumsi setiap harinya.

Buku ini menjelaskan bahwa dosis kafein yang dibutuhkan setiap individu tidaklah sama. Dosis kafein tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor jenis kelamin, berat badan, faktor genetic, bugar atau letih, tipe kepribadian –introvert atau cenderung ekstrovert, dan berbagai faktor lain. Sehingga dapat dikatakan dosis kafein bersifat individual.

Dosis kafein dapat digambarkan dengan grafik berbentuk “U” terbalik, yaitu apabila dosis kafein ditambah hingga titik tertentu akan menghasilkan efek yang semakin maksimal, akan tetapi apabila dosis terus ditambah di atas suatu titik tertentu itu, maka justru akan menurunkan efek dari kafein tersebut. Hampir miriplah sama salah satu teori ekonomi tentang kepuasan. Untuk itu, kita perlu mengenali diri sendiri dan memahami dosis yang tepat untuk karakter kita.

Selain memuat informasi yang tak hanya menarik, tapi juga penting, buku ini juga dikemas dengan permainan font yang memudahkan pembaca untuk mengambil point-point pentingnya. Dalam buku ini juga terdapat tes kemampuan kognitif untuk mengetes sejauh mana pengaruh dosis kafein terhadap logika, kecepatan respon, dan daya ingat seseorang.

Sayangnya karena mengandung kata-kata ilmiah, buku ini cenderung tidak mudah dicerna oleh orang awam. Selain itu, karena penelitian-penelitian yang mendukung buku ini dilakukan di luar negeri, tidak dapat diketahui secara pasti penggunaannya dapat diaplikasikan di Indonesia atau tidak. Pembaca juga akan kesulitan menemukan kadar kafein yang terdapat dalam kopi-kopi sachet yang beredar di pasaran Indonesia.

Terlepas dari itu semua, buku ini sangat layak dibaca untuk memperluas wawasan kita karena “Dengan secangkir kopi, orang akan mampu melakukan segalanya”
Selamat membaca..


No comments:

Post a Comment