Monday 31 January 2011

About a Dream. Yes, Mine.

Di suatu masa kehidupan saya, saya pernah bermimpi menjadi seorang psikiater.
Kenapa saya ingin menjadi seorang psikiater?

Jawabannya, karena saya ingin tak hanya bisa memberikan konseling pada pasien saya, tapi juga bisa memberikan resep obat untuk mengatasi gangguan fisik akibat gangguan kejiwaannya. Menurut saya, seseorang yang terkena batu ginjal atau diabetes karena stress, padahal secara fisik dia seharusnya sehat bisa terjelaskan. Mungkin karena dia sering stress, kelewat sedih atau frustasi, ada hormone tertentu yang berlebihan –mungkin adrenalin– sehingga di dalam kelebihan gula darahtrus jadi diabetes. Atau seseorang yang terlalu tegang sehingga metabolism tubuhnya teganggu menjadi merasa mules, pusing, dan keluar keringat dingin.

Pernah dengar kan kalo penyakit fisik yang muncul karena factor psikis itu banyak banget. Mereka jelas tidak hanya membutuhkan konseling, tapi juga sesuatu untuk tubuh mereka. Contohnya seorang yang mengidap bulimia atau anoreksia yang sebenarnya masalah mereka ada di psikis. Saya ingin tidak hanya sebagai konselor mereka, tapi juga seseorang yang membuatkan pola diet yang ideal untuk mereka.

Sudah cukup berbicara seolah saya mengerti tentang ini. Well yeah, it’s just my opinion.



No comments:

Post a Comment